Jumat, 25 Februari 2011

PENGANTAR PIZZA JADI PAHLAWAN

Ketika seorang pelanggan setia tiba-tiba berhenti memesan barang, apa yang akan kita lakukan? Mungkin membiarkannya karena itu bukan urusan kita. Atau mungkin berpikir, barangkali iamendapatkan barang lain yang lebih disukainya dibanding yang kita jual. Atau meneleponnya dan menanyakan alasannya. Jika telepon tak terjawab, kita pun melupakannya.

Apa yang dilakukan Susan Guy berbeda. Perempuan ini adalah pengantar pizza di gerai Domino's Pizza di suatu distrik di Memphis, Tennessee, AS. Salah satu pelanggan yang rutin memesan adalah Jean Wilson, seorang wanita tua berusia 82 yang tinggal sendirian di suatu tempat. Setiap pagi, pada waktu yang sama, ia memesan makanan seperti thin-crust pepperoni pizza dengan dua kaleng Diet Cokes.

Namun Senin, 21 Februari 2011 lalu, Susan menyadari bahwa tak ada pesanan dari Jean. Ia pun bertanya-tanya. Apalagi setelah diselidiki ke bagian pelayanan, ia mendengar perempuan tua itu sudah tiga hari tak memesan.

Entah kenapa Susan curiga. Ia ingat pengalaman ibunya yang terkena kanker dan tinggal bersamanya. Ketika ditinggal kerja, saat pulang ia menemukan ibunya sudah jatuh ke lantai dan tak berdaya mencari pertolongan. Ia curiga jangan-jangan Jean pun mengalami hal serupa.

Tak berpikir panjang, akhirnya ia pergi ke rumah Jean. Namun pintu dan jendela rumahnya tertutup. Ia mencoba mengetuk pintu dan memasang telinga setajam mungkin, siapa tahu mendengar suara rintihan Jean yang minta pertolongan. Setelah memanggil namanya juga tak mendapat respon, Susan menanyakan ke tetangga-tetangganya. Namun tak ada yang tahu. Ada yang bilang, "Mungkin pergi", dan sebagian lain tak tahu.

Susan pun pergi karena harus mengantar pizza ke wilayah lain. Namun ia menelepon layanan bantuan 911 dan mengabarkan kecurigaannya. Ketika tiba lagi di rumah Jean beberapa jam kemudian, ia melihat banyak polisi di situ. Tentu saja ia kaget. Ketika bertanya ke salah satunya, ia mendapat jawaban, "Jean baik-baik saja dan sudah dibawa ke rumah sakit."
Ternyata dugaan Susan memang benar. Jean tiga hari sebelumnya terjatuh dan tak berdaya melakukan apa-apa. Jika Susan tak menelepon 911, entah bagaimana nasib Jean. Jean sendiri bingung kenapa bantuan itu bisa datang. Seorang polisi memberi tahunya, bantuan datang karena ada seorang pengantar pizza yang menelepon mereka.

Peristiwa itu mendapat peliputan luas di Tennessee dan Susan pun beberapa kali diwawancarai TV karena kepeduliannya yang luar biasa. Di tengah kehidupan yang makin individualistis, sikap Susan yang begitu peduli terhadap pelanggannya ternyata malah bisa menyelamatkan nyawa. Susan pun dielu-elukan sebagai pahlawan!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar