Selasa, 05 April 2011

JANGAN MENYERAH! SEBAB TUHAN JUGA TIDAK PERNAH MENYERAH!


Banyak orang yang berusaha mencari kehidupan yang lebih baik, banyak orang pula saya temui berusaha untuk mencapai puncak setinggi mungkin dalam kehidupannya termasuk saya, ini semua memang sesuatu yang lumrah, baik didalam kehidupan gereja atau kehidupan kita secara pribadi. Banyak pengajaran yang mengajarkan beberapa prinsip-prinsip bagaimana menjadi kaya dan memiliki posisi yang maksimal dalam kehidupan.

Namun apa yang dikatakan firman Tuhan tentang pencarian tersebut? Saya mencoba untuk menterjemahkan perspektif firman Tuhan ini dalam kehidupan nyata agar kita lebih memotivasi diri kita untuk maju dan sukses. Yesus pernah berkata: "Marilah kepadaKu, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu..." (Matius 11 : 28) dan "Oleh karena itu Aku berkata kepadamu : Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu..."  (Lukas 11 : 9)

Firman Tuhan diatas dengan jelas mengatakan ada dua hal inti sari dari apa yang dikatakan oleh Yesus kepada kita yaitu: MENCARI. Ketika Yesus berkata kepada kita agar datang kepadaNya pada saat kita letih lesu dan berbeban berat , saya sangat percaya sebelumnya kita sudah mencari-cari sesuatu yang membuat kita terbebas dari letih lesu dan berbeban berat, namun kita tidak menemukannya. Dan ketika Yesus berkata 3 hal dalam Lukas 11:9 yaitu MINTALAH, CARILAH, dan KETOKLAH. Itu semua merupakan satu kata yang dipadatkan yaitu mencari. Lalu pertanyaannya, apa hubungannya dengan memotivasi diri untuk menjadi lebih sukses?

Dalam kehidupan ini, ada beberapa orang yang terbagi dalam beberapa tipe kehidupan, diantaranya:

‘PASRAH’ MAN (ORANG YANG HANYA PASRAH)
Tipe orang ini memiliki ciri yang mungkin sama seperti kita yaitu ‘nerimo’/ menerima keadaan. Orang semacam ini, mau diapa-apakan juga tetap puas dengan keadaannya, dan orang semacam ini cenderung malas menghadapi tantangan, baginya istirahat merupakan saat yang paling baik.

‘GUPUH’ MAN (ORANG YANG GUGUP)
Tipe orang ini adalah orang yang cenderung sibuk sendiri dengan persoalan didalam dirinya, ketika masalah dari luar dating, dia cenderung emosional namun tidak pernah keluar dari kotak kehidupannya dan cenderungnya tidak mempunyai jalan keluar sama sekali. Hanya heboh didalam, begitulah saya menyebutnya.

SEARCH MAN (ORANG YANG SELALU MENCARI)
Orang tipe ini merupakan orang yang mengalami breakthrough/ terbosan dalam kehidupannya, sebab dia tidak hanya diam seperti PASRAH MAN, dia juga tidak rebut sendiri tanpa jelas mau diapakan setiap masalah yang datang seperti GUPUH MAN, namun dia akan tenang dan terus mencari penyelesaian dari jalan keluarnya. Dia akan dengan mudah bertanya dan belajar untuk menyelesaikan masalah yang dialaminya.

Yesus melalui firman Tuhan diatas, berkata agar kita tidak mudah menyerah, kita harus meminta dan meminta sampai mendapatkan dan jangan berhenti untuk meminta kepadaNya. Dia juga mengajarkan untuk kita terus mencari dan mencari sampai kita menemukannya, dan Dia juga mengajarkan bagi kita untuk terus mengetok dan mengetok sampai pintu itu dibukakan. Banyak orang yang memutuskan berhenti untuk menjual karena terlalu sering ditolak, banyak orang pula merasa enggan menawarkan sesuatu karena sering mengalami perbandingan dengan produk orang lain yang lebih baik, banyak orang pula yang merasa malas untuk mencari peluang-peluang karena mengalami keterbatasan dalam kehidupan yang membuatnya keluar dari kehidupan.

Pertanyaan yang sederhana saya ingin mengajukan kepada anda, dan pertanyaan ini juga ditujukan kepada saya sebagai penulis dan motivator yang bertugas memotivasi orang untuk tidak menyerah, adalah:

1.    PERNAH KAH ANDA TERTOLAK?
2.    BAGAIMANA RESPON ANDA KETIKA TERTOLAK?
3.    JIKA ANDA MEMUTUSKAN BERHENTI, APAKAH ITU MEMBUAT ANDA LEBIH BAIK?
4.    MUNGKIN PENOLAKAN ANDA, MERUPAKAN CARA TUHAN UNTUK MENUNTUN ANDA MENEMUKAN YANG TERBAIK, MASIHKAH ANDA MAU MENCOBANYA?
5.    JIKA YA, AMBIL KEPUTUSAN DAN BERDIRI KEMBALI UNTUK MELANJUTKAN PERTANDINGAN ANDA, APAKAH ANDA MAU?
6.    INGAT SATU HAL, KETIKA KITA BERHENTI MELANGKAH DAN MENYERAH KARENA TERLALU SERING DITOLAK, ANDA AKAN MENGECEWAKAN BANYAK ORANG DIANTARANYA DIRI ANDA, KELUARGA/ PASANGAN DAN ANAK ANDA, DAN KELUARGA ANDA TERMASUK TEMAN-TEMAN ANDA
7.    SATU HAL YANG HARUS ANDA PEGANG: JIKA TUHAN TIDAK PERNAH MENYERAH UNTUK TERUS MENARIK KITA MENDEKAT KEPADA-NYA, APAKAH KITA JUGA AKAN MENYERAH DALAM KEHIDUPAN INI?

Oleh:
MUSA HENDRI SETIAWAN
Motivator GILA Pertama di Indonesia, Penulis, Pembicara dan Pendiri SIMPLE TRAINING (Corporat & Personal Trainer)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar