Rabu, 30 Maret 2011

6 POINT TO BE AGENT OF CHANGE

Personal development, rasanya menjadi topik yang paling hangat di era saat ini dimana banyak sekali persaingan yang sedemikian ketat, perlombaan untuk menjadi manusia yang lebih baik dari yang lain, perubahan yang begitu cepat tanpa terprediksi, termasuk banyak hal lain yang terjadi dan berubah begitu cepat. Tidaklah heran ada sebuah pendapat yang mengatakan bahwa ada satu hal di dunia ini yang tidak berubah yaitu perubahan itu sendiri, memang perubahan akan terus terjadi, anak kecil 12 tahun yang lalu akan sangat berbeda di zaman sekarang karena mereka mengalami perubahan secara fisik. Kita sebagai anak Tuhan juga harus mengatasi setiap perubahan yang ada, kita bukan menjadi bagian dari perubahan namun kita menjadi agen perubahan. Persoalannya saat ini, apa saja yang harus kita kerjakan untuk kita bisa menjadi manusia yang baru dan menunjukkan kualitas dari apa yang kita sembah yaitu Tuhan Yesus yang ada didalam diri kita?
FIRST (MENJADI YANG PERTAMA)
Dunia sekarang bergerak dengan eranya yang semakin cepat, 10 tahun perubahan hanya akan menjadi 1 tahun perubahan karena sedemikian cepatnya. Kita sebagai anak Tuhan harus menjadi yang pertama/ pioner dalam segala hal. Dalam pekerjaan misalnya, ketika banyak orang datang dengan batas keterlambatan, kita memulai perubahan dengan datang lebih awal. Jika banyak karyawan lainnya melakukan manipulasi absen, kita menjadi yang pertama untuk menunjukkan kejujuran. Banyak hal yang kita bisa kerjakan dalam kehidupan sehari-hari sehingga kita menjadi seorang pribadi yang menjadi agen perubahan, kunci pertama ialah jadilah yang pertama/ pioner bagi tempat dimana anda berada.
BEST (MENJADI YANG TERBAIK)
Menjadi yang pertama saja tidaklah cukup jika kita tidak mengerjakannya dengan mentalitas terbaik. Yesus merupakan contoh yang tepat dalam hal ini, apa saja yang dikerjakan oleh Yesus selalu dilakukan dengan cara yang terbaik dan hasilnya berdampak panjang bagi banyak generasi. Seorang pakar motivasi pernah mengatakan bahwa lawan dari yang terbaik adalah baik, banyak orang hanya ingin mencapai yang baik-baik saja dalam kehidupannya, namun sedikit orang yang ingin menaikkan level pencapaiannya kepada level terbaik. Kita sebagai anak Tuhan diberi kuasa untuk melakukan itu, sebab kita dipanggil untuk menjadi bintang di langit, dan bukan pasir di tepi laut yang diinjak orang.
DIFFERENT (MENJADI BERBEDA)
Perbedaan yang kita buat, bukan hanya dengan penampilan kita, namun juga dengan karakter kristus yang muncul dalam kehidupan kita. Banyak orang hanya mementingkan penampilan dibanding karakter, sehingga ketika dia dibawa untuk mencapai puncak, dengan mudahnya dia akan turun karena persoalah karakter. Sebuah ungkapan menarik pernah saya dengar yaitu untuk mencapai puncak, diperlukan usaha yang cukup keras, namun untuk tetap berada di puncak, diperlukan karakter yang kuat. Benar, karakter yang akan menjaga kita ada di puncak, buatlah perbedaan sekarang antara anda dengan orang dunia melalui karakter anda.
INNOVATIVE (MENJADI INOVATOR)
Bosan, kata itulah yang sering terdengar ketika saya mengajak beberapa teman saya untuk pergi ke sebuah mall karena memang mall tersebut hanya menampilkan barang yang sama dari tahun ke tahun, dengan dekorasi yang sama, dengan model stan yang sama. Manusia moderen dengan kecepatan perubahan, otomatis akan terpacu untuk menjadi orang yang mudah bosan dengan keadaan. Dalam hubungan dengan pasangan kitapun, kita sangat memerlukan inovasi, entah kita bisa berekreasi ke tempat yang unik, berbeda dan tidak membosankan.
Alkitab menunjukkan bahwa orang-orang yang melakukan inovasi dalam pekerjaannya akan mencapai puncak, sebut saja Yusuf dengan inovasi dan cara berpikirnya yang berasal dari hikmat Tuhan berhasil mencapai posisi puncak karena apa yang dikerjakannya di Mesir.
EXCELLENT (MENJADI SEMPURNA)
Daniel merupakan salah satu pahlawan iman yang disebut memiliki spirit of excellent (roh yang luar biasa), berbicara tentang excellent tidak berbicara tentang penampilan fisik yang diluar namun lebih pada mentalitas dan roh yang ada didalam kehidupan kita. Saya sering kali mengatakan kepada beberapa orang, jangan pernah mempromosikan diri anda terlalu banyak, sebab orang lain akan menilai apa yang kita kerjakan. Apa saja yang kita kerjakan merupakan promosi yang terbaik bagi kehidupan kita, itulah sebabnya untuk menilai seseorang, perusahaan memberikan salary atau gaji, itu merupakan wujud penilaian perusahaan kepada seseorang dari apa yang dikerjakannya.
INSPIRED (MENJADI INSPIRASI)
Hal terakhir yang kita kerjakan untuk menjadi agen perubahan dalam dunia ini ialah menjadi inspirasi. Orang yang menjadi inspirasi adalah orang yang berhasil mencapai puncak denga  karakter yang kuat dan terpelihara dengan baik. Ketika anda berada di puncak, anda akan dengan mudah menjadi inspirasi bagi banyak orang dan menjadi berkat bagi banyak orang bahkan memotivasi banyak pribadi untuk mencapai hal yang sama dengan apa yang anda kerjakan. Alkitab berkata, banyak memberi akan banyak menerima, apa yang anda bagikan bagi orang lain akan sangat berdampak kembali kepada diri anda. Siapkah anda menjadi inspirasi bagi generasi ini?

Oleh:
MUSA HENDRI SETIAWAN
(Motivator GILA pertama di Indonesia, Writter, Speaker, dan Founder of SIMPLE TRAINING)
MOBILE: 08175064751
BBBM PIN: 234FA105
FACEBOOK: Musa Hendri Setiawan
TWITTER: timotiushendri
OFFICE: Jl. Taman Camelia III no 21, Tropodo, Sidoarjo, JAWA TIMUR

Tidak ada komentar:

Posting Komentar