Senin, 30 April 2012

ORANG KAYA SUKAR MASUK SURGA????

Yesus pernah berkata: betapa sukarnya orang kaya masuk surga, lebih mudah seekor unta masuk lubang jarum. Menurut pemikiran dan perenungan saya selama ini, apakah betul orang kaya tidak bisa masuk surga? Dan kriteria orang kaya seperti apa yang masuk surga? Dan masih banyak lagi pertanyaan-pertanyaan yang ada dibenak saya tentang ayat tersebut. Namun pelahan tapi pasti, Roh Kudus mengajar saya tentang ayat tersebut yang ternyata ORANG KAYA BISA MASUK SURGA!
Mari ikuti saya secara pelan-pelan...

Pertama, tentang kata SUKAR. Ayat tersebut berkata bahwa orang kaya sukar masuk surga, namun Roh Kudus membawa saya kepada sebuah pemahaman bahwa SUKAR bukan berarti TIDAK BISA. Kedua kata tersebut memiliki makna dan arti yang berbeda. SUKAR berarti masih ada kemungkinan bisa, kalau TIDAK BISA maka sudah tidak ada kemungkinan, maka semua orang Kristen wajib miskin, tidak ada lagi pelayanan sosial, tidak ada lagi pelayanan kematian, tidak ada lagi konser-konser rohani ataupun youth conference2 yang diadakan di gereja sebab sebagian besar dana  berasal dari jemaat yang kaya.

Kedua, apa yang dimaksud dengan lubang jarum? Ternyata dalam bahasa aslinya, tidak menunjuk kepada lubang dar jarum yang biasa kita gunakan untuk menjahir pakaian atau kasur. Ini berarti sangat berhubungan dengan pemikiran pertama diatas yaitu SUKAR (berarti masih ada kemungkinan), bayangkan kalau Yesus memberi perumpamaan lubang jarum tersebut merupakan lubang jarum sungguhan, maka ayatnya harus diubah menjadi: betapa TIDAK MUNGKINNYA orang kaya masuk surga, lebih mudah seekor unta masuk ke lubang jarum.

Ketiga, muncul pertanyaan kemudian, lubang jarum yang dimaksudkan oleh Yesus itu apa? Lubang seperti apa? Dan bagaimana bentuknya? Disini Roh Kudus menunjukkan kepada saya secara pribadi, betapa kreatifnya Yesus dalam membuat pernyataan sehingga membuat anak-anakNya saling berdebat tanpa mau kalah satu dengan lainnya. Ternyata lubang jarum disini adalah gerbang samping atau pintu samping di sebelah gerbang utama di jalan masuk kota bertembok. Kalau gerbang utama ditutup karena hari sudah malam, semua jalan masuk adalah melalui gerbang kecil itu, dan unta yang mengangkut beban, atau siapa pun yang berukuran besar tak mungkin masuk ke dalam kota. Jadi ternyata lubang jarum disini merupakan sebuah pintu gerbang yang dibuka hanya pada waktu gerbang utama kota sudah ditutup.
Artinya adalah: sangat mungkin dan bisa sekali orang kaya masuk surga, dan kita sangat boleh menjari orang kaya bukan?

Keempat, pertanyaan keempat yang muncul dibenak saya kemudian ialah, bagaimana caranya unta tersebut masuk ke gerbang lubang jarum? Bayangkan gerbang kecil tersebut di lewati manusia masih memungkinkan, namun jika di lewati unta, maka unta tersebut harus melakukan beberapa hal diantaranya: pertama menanggalkan beban-bebannya, kedua dia harus berlutut dan mau pelahan-lahan untuk memasukinya. Arti dari kedua hal tersebut ialah kerendahan hati. Masalah utama dari seseorang masuk kesurga ialah tidak adanya kerendahan hati. Namun, masalah kerendahan hati tidak hanya menjadi masalah orang kaya lho, sebab dalam beberapa kesempatan Tuhan membawa saya bertemu dengan beberapa Taipan di bangsa ini yang sangat low profile, namun Tuhan juga pertemukan saya dengan beberapa orang miskin yang sombongnya amit2. Yang terpenting disini ialah kita harus memiliki kerendahan hati, termasuk menerima hal baru dari firman Tuhan yang disampaikan oleh beberapa saudara kita. Jangan bereaksi salah ketika firman disampaikan, belajarlah untuk menerima dengan kerendahan hati, ingat hanya orang yang rendah hati yang akan masuk kedalam kerajaan Surga.

Selamat menikmati kekayaan dan jadilah orang-orang kaya, anda tidak salah....

Musa Hendri Setiawan
CEO of MBT Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar