Minggu, 16 Oktober 2011

STEVE JOB AJA BER-AMERICA RIA

Pria setengah tua mengenakan kaos hitam panjang dengan celana blue jeans dan sepatu sport gaya America, siapa yang tidak kenal dengan transformer dunia yang satu ini, itulah Steve job, pendiri Apple sebuah perusahaan media komunikasi dunia yang sedang digandrungi saat ini.
Saya iri melihat beliau dengan mengenakan setelan seperti itu, yang saya berpikir sebelumnya bahwa beliau adalah seorang Amerika asli dari darah sampai tulangnya, ternyata beliau ialah orang keturunan Syria. Yang membuat aneh saya ialah, walaupun beliau menyadari bahwa dia merupakan keturunan Syria, dia tidak berpenampilan layaknya orang timur tengah dengan menggunakan pakaian putih panjang, sorban, jenggot yang panjang dan tebal...no! Steve Job ialah America sejati, bahkan lebih dari orang Amerika yang berdarah Amerika.
Sekarang mari lihat indonesia................
Banyak orang saya temukan dijalanan, memelihara jambang atau jenggotnya agar sangat lebat, memakai sorban putih, jubah putih panjang, mengenakan sandal jepit, berbicara dengan logat Arab yang sebenarnya hanyalah orang ndeso dari indonesia. Ketika saya berjalan di mall, saya melihat pria dan wanita berpakaian ala korea, dari model rambut, kacamata, baju, rok atau celana sampai sepatu, semua serba korea. Bahkan sekarang ada boyband ala korea, girlband ala korea, dan segala assesories ala korea yang lagi marak.
Parahnya.............
Di gereja juga menjadi trendsetter dari penampilan ala korea, padahal gereja harusnya menjadi penjaga atas bangsa termasuk penjaga kebudayaan asli indonesia yaitu batik dan kebaya. Saya tidak menyarankan kemana-mana pakai batik dan kebaya, namun kita bisa menjadikannya lebih kreatif dengan memodifikasinya sesuai dengan porsi masing-masing. Saya memimpikan sebuah gereja, ketika orang2 diluar berlomba mengikuti trend dunia, kita bertahan dan menjadi cagar budaya bagi bangsa2 bahwa kita adalah pemegang mandat budaya Indonesia. Bagaimana menurut anda?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar