Rabu, 30 Maret 2011

6 PILAR KESUKSESAN

Saya sangat meyakini bahwa orang yang sukses dalam kehidupannya, selalu ada faktor-faktor penyebab atau pemicunya sehingga dia bisa mengalami kesuksesan. Demikian pula ketika saya melihat orang yang gagal dalam kehidupannya pun selalu ada juga faktor pemicu mengapa dia bisa mengalami kegagalan. Sebut saja contoh-contoh didalam alkitab, beberapa contoh orangyang mengalami kesuksesan dalam kehidupannya seperti Abraham dan ishak, kedua-duanya sama-sama mengalami keberhasilan dalam kehidupannya karena ketaatan mereka kepada Tuhan, Yusuf juga berhasil menjadi orang kedua di Mesir dan menjadi seorang yang begitu berpengaruh karena kesetiaanya menjalani proses yang ada dengan tidak menyimpang dari firman Tuhan, Raja Daud pun mengalami kesuksesan karena dia berani mengambil resiko bersama dengan Tuhan, dan masih banyak contoh kesuksesan lain yang bisa kita dapati dari beberapa tokoh dalam alkitab. Namun kita bisa melihat pula contoh kegagalan beberapa orang didalam alkitab, sebut saja Simson yang gagal karena dia tidak menjaga kekudusan dihadapan Tuhan sebab  dia melanggar semua perintah Tuhan tentang kehidupan seorang natsir dihadapan Tuhan, Gehazi yang terkena kusta karena menipu dan menginginkan uang, begitu pula dengan Bileam yang jatuh dalam hal cinta akan uang, dan Yudas murid Yesus pun jatuh karena cinta akan uang dan ketamakannya yang ditunjukkan dengan mengkorupsi uang hasil pelayanan Yesus.
Saat ini kita akan belajar 6 pilar penting mengapa seseorang bisa mengalami kesuksesan sejati dalam kehidupannya:
1.       FOKUS
Hal pertama yang ada dalam diri orang yang sukses/ berhasil ialah ia memiliki kekuatan fokus. Fokus akan menjaga kita tetap pada jalan yang kita tuju dengan tidak menyimpang kekanan atau kekiri. Ketika kita menjalankan bisnis kita, menjalankan usaha kita, menjalankan pelayanan kita, dan kita kerjakan secara fokus, maka kita akan jauh lebih muda untuk berhasil. Beberapa tahun belakangan saya mulai memfokuskan diri untuk melayani firman Tuhan dan menulis artikel dibeberapa media, saya menanggalkan beberapa pelayanan diantaranya sebagai singers atau worship leaders di gereja, sebab saya tahu kemana Tuhan akan menuntun saya mencapai tujuan hidup secara maksimal
2.       TRUE MINDSET
Cara berpikir yang benar akan segala sesuatu akan membuat kita tidak mudah menyerah akan setiap permasalahan yang dihadapi. Ketika kita mengalami kesuksesan, kita tidak mudah lengah. Ketika kita mengalami kegagalan, kita tidak mudah menyerah. Salah satu faktor yang dapat membuat kita menjadi pribadi yang bisa melalui semuanya ialah ketika kita memiliki cara berpikir yang benar, dan itu datang ketika kita memiliki cara benar dan mengisinya dengan benar yaitu dengan firman Tuhan.
3.       BERANI MELANGKAH
Cara berpikir yang benar tidak akan cukup untuk membuat kita berhasil, tetapi tindakanlah yang akan membawa kita berhasil menjalani kehidupan. Banyak pengusaha sukses yang berhasil bukan karena mereka berdiam diri namun karena mereka berani melangkah untuk setiap keputusan yang mereka ambil. Alkitab berkata bahwa iman tanpa tindakan pada hakekatnya adalah mati (tidak berguna), tindakan juga menjadi perwujudan dari apa yang kita percayai dan kita yakini, melangkahlah!
4.       MEMBAYAR HARGANYA
Seperti yang telah saya katakan diatas, orang sukses dan orang gagal sama-sama memiliki sebabnya untuk bisa mencapai pada posisi mereka masing-masing. Beberapa waktu yang lalu saya mendengar ada beberapa pengusaha yang sangat terkenal saat ini diantaranya Chairul Tanjung dan Ir Ciputra, kedua-duanya memiliki beberapa kesamaan diantaranya pekerja keras dan tidur yang tidak terlalu banyak. Saya berkata kepada teman saya, kalau dia ingin menjadi berhasil seperti mereka, bayarlah harganya sama seperti mereka membayarnya. Bekerjalah sama seperti cara orang sukses bekerja, maka kita akan mendapatkan berkat yang sama seperti orang yang sedang kita idolakan (secara positif tentunya).
  1. MANAGEMENT OF SUCCESS
Orang yang berhasil merupakan orang yang tahu betul bagaimana mengelola kesuksesan yang diperolehnya. Banyak orang yang disebut OKB (Orang Kaya Baru), yang tidak siap untuk mengalami kelimpahan akhirnya jatuh dalam berbagai pencobaan yang mereka buat sendiri, mengapa? Karena mereka tidak punya Management of Success, management of Success meliputi bagaimana cara kita memanage kehidupan kita, menata keuangan kita, kebijakan kita mengelola keluarga kita dan banyak hal lain yang kita kelola dan itu semua merupakan kepercayaan dari Tuhan yang diberkikan kepada kita.
  1. NEXT TRIP POWER
Jangan mudah puas, persiapkan tenaga untuk perjalanan berikutnya! Saya belajar dan melihat, untuk kita menjadi ahli dibidang kita, tidak cukup kita hanya berpuas diri. Saya melihat beberapa figur hamba Tuhan yang cukup saya kagumi diantaranya Pdt Hanny Layantara dan Pdt Agnes Maria, mereka berdua merupakan seorang figur yang tidak mudah puas atas pencapaian yang mereka telah raih dalam bidang pendidikan, banyak hamba Tuhan lain yang cukup puas dengan gelar MA yang mereka miliki, namun mereka berdua mengejar gelar yang lebih tinggi lagi, dan ternyata apa yang mereka kerjakan diikuti oleh beberapa staf penggembalaan di GBI HFC. Diperlukan extra power untuk melanjutkan perjalanan kita menuju kesuksesan berikutnya, are you ready?

Oleh:
MUSA HENDRI SETIAWAN
(Motivator GILA pertama di Indonesia, Writter, Speaker, dan Founder of SIMPLE TRAINING)
MOBILE: 08175064751
BBBM PIN: 234FA105
FACEBOOK: Musa Hendri Setiawan
TWITTER: timotiushendri
OFFICE: Jl. Taman Camelia III no 21, Tropodo, Sidoarjo, JAWA TIMUR

Tidak ada komentar:

Posting Komentar