Rabu, 30 Maret 2011

ELEVATE YOUR LIFE, NOW!

PENINGKATAN/ ELEVATE, merupakan kata yang paling disukai oleh kebanyakan orang, bahkan dalam kotbah-kotbah mingguan, banyak jemaat yang didorong untuk melakukan peningkatan dalam segala hal, sehingga tingkat ekonomi dan sosialnya juga mengalami peningkatan, sehingga nama Tuhan dipermuliakan. Namun masalahnya, apa saja yang ingin ditingkatkan? Apa saja yang harus dilakukan untuk mengalami peningkatan ke level yang lebih tinggi?
Satu hal yang saya sangat percayai, mungkin bagi kebanyakan orang juga setuju akan hal ini, yaitu ketika kita terima Yesus sebagai Juruselamat, bukan hanya jiwa kita yang diselamatkan, namun juga nasib kita diselamatkan. Keterpurukan, kegagalan yang berlarut-larut, kehidupan yang miskin terus tanpa perubahan, itu semua juga menjadi bagian dari apa yang tuhan kerjakan melalui keselamatan yaitu menebus nasib kita.
Apa saja yang harus kita lakukan sekarang? Apa saja yang harus ditingkatkan?

ELEVATE YOUR VALUE
Banyak orang dengan mudahnya mengubah nilai dalam kehidupannya hanya karena situasi yang mendesak. Misalkan ketika lingkungan kita mengajarkan ketidak jujuran, kitapun mengikuti hal yang sama. Ketika perkataan kotor terdengar dimana-mana, kitapun juga terbawa dengan sikap seperti itu. Dengan kata lain, nilai hidup kita ikut terbawa dengan arus dunia. Ada dua hal yang saya berikan kepada anda: pertama, anda harus melawan arus dengan nilai hidup kekristenan yang anda miliki, apapun resikonya dan akibat apa yang akan anda terima. Kedua, tingkatkan nilai hidup anda kea rah yang lebih sempurna. Alkitab mengajarkan tentang kisah Daniel, Sadrach, Mesakh, dan Abednego yang tetap mempertahankan nilai hidup mereka apapun resikonya, sehingga transformasi terjadi di Babel dan seluruh wilayah kekuasaannya, bahkan level kehidupannya otomatis mengalami peningkatan/ elevate.

ELEVATE YOUR WISDOM
Hikmat lebih malah dari emas, sebab dengan hikmat kita bias memperoleh kekayaan, sedangkan kekayaan tidak bias membeli hkmat. Hikmat dating dari Tuhan dan bukan dari kemampuan manusiawi kita, hikmat tidak bias diusahakan dengan cara manusia dengan mempelajarinya saja, namun semua kembali kepada firman Tuhan. Seorang pendeta pernah melemparkan joke kepada seorang pengerjanya ketika melakukan kesalahan: “kayaknya kamu harus lebih banyak baca Amsal”, dengan kata lain, ketika kita membaca kitab Amsal yang berisi tentang hikmat-hikmat Ilahi dalam kehidupan kita, maka cara berpikir kita akan diubahkan oleh Tuhan. Reformasi terjadi pada saat Tuhan menjamah hati kita, tapi transformasi terjadi ketika Tuhan mengubah cara berpikir kita. Tidak ada kata lain selalin baca firmanNya.

ELEVATE YOUR NETWORKING
Ada pepatah Indonesia paling terkenal: Bersatu kita teguh, Bercerai kita Runtuh. Ini tidak hanya berlaku untuk perjuangan melawan penjajah, atau juga untuk pasangan suami istri, ini juga berlaku untuk dunia pekerjaan dan marketplace. Jika kita hanya berusaha tanpa jaringan, maka kita akan ‘ngoyo’ dalam mengerjakannya dan mencari keuntungan, tapi apa yang terjadi jika kita menggunakan jaringan? Hasil yang didapatkan akan berlipat kali ganda. Makanya tidak heran saat kemunculan Facebook untuk pertama kalinya, banyak usaha basis online yang meraup keuntungan yang besar, karena mereka memanfaatkan jejaring social dengan baik. Manfaatkan jaringan yang lebih luas, dan tingkatkan itu untuk meningkatkan kehidupan kita, semakin banyak kita mengenal beragam orang, maka semakin bijak kita bertindak.

ELEVATE YOUR TARGET
Apa target anda tahun ini? Dan apa target anda tahun kemarin? Atau berapa target anda tahun ini? Dan berapa target anda tahun kemarin? Apakah ada peningkatan? Atau malahan terjadi penurunan? Mengapa anda menurunkan target anda tahun ini? Apakah anda takut untuk mengalami mistarget tahun ini? Itu semua pertanyaan yang muncul dari beberapa pemimpin perusahaan. Jawaban saya untuk penurunan target tersebut adalah: “masih ingatkan anda dengan perkataan anak kecil yang berbunyi: raihlah cita-citamu setinggi langit? Jika kami tidak mencapainya, kamu masih berada diawan-awan” artinya, target harus tinggi sebab kecenderungan manusia biasa ialah mencapai target sebisa dia lakukan, namun kalaupun gagal mencapainya, minimal hasil yang dicapainya telah mendekati target yang tinggi tersebut. Ayo, kembali tingkatkan target anda tahun ini. Target tahun ini bagi SIMPLE training yang saya jalankan ialah men-training 1000 orang, dan langkah yang saya ambil ialah mencetak sebanyak 1000 exclusive notes untuk dibagikan kepada para peserta seminar dan training saya. Bagaimana dengan anda?

ELEVATE YOUR COMMUNICATION
Bahasa, gaya bicara, sikap berbicara, ketepatan berbicara, semuanya merupakan hal terpenting, mengapa? Masih ingat tentang kisah menara Babel? Apa yang membuatnya berantakan? Komunikasi yang kacau (dikacaukan oleh Tuhan). Tuhan tidak mengirimkan hujan belerang seperti di Sodom dan Gomora, tapi Tuhan mengirimkan kekacauan terhadap komunikasi mereka satu dengan yang lain, akibatnya menara yang harusnya terbangun, ditinggalkan begitu saja oleh mereka.
Kuncinya, belajarlah komunikasi lebih dalam, lebih luas, lebih hebat disbanding kebanyakan orang lain. Kalau saya pribadi, saya sudah menguasai 3,5 bahasa sampai hari ini. Bahasa pertama bahasa Indonesia, bahasa kedua bahasa Inggris, bahasa ketiga bahasa Jawa (kasar dan halus) dan bahasa yang 0,5 adalah bahasa Mandarin (karena masih belum terlalu mahir…)

ELEVATE YOUR SKILL
Terakhir, tingkatkan kemampuan/ keterampilan anda. Setiap kita minimal diberi Tuhan 1 talenta, namun ada beberapa orang yang diberi beberapa talenta yang unik dan menarik disbanding yang lainnya, namun semuanya itu hanya berpusat pada satu tugas Ilahi yaitu: KEMBANGKAN! Beberapa orang yang bertemu dengan saya berkata bahwa saya seperti emas yang memiliki multitalenta, diantaranya: berbicara/ kotbah/ memotivasi dihadapan banyak orang dan usia, bisa mendesign dengan baik, bisa menyanyi, bisa membuat beberapa tampilan design blog yang baik (http://simpletrainingmusa.blogspot.com), menjadi penulis dibeberapa media cetak dan kreatifitas lainnya. Saya pikir saya hanya punya 1 talenta awalnya yaitu NEKAT UNTUK MENCOBA. Dan ketika saya mencoba melangkah, maka satu per satu talenta itu saya temukan dan saya terus kembangkan. Jadi, semua bergantung pada kita, kapan kita mengembangkannya dan meningkatkan semua point diatas, saran saya kepada anda adalah: TINGKATKAN SEKARANG!

Oleh:
MUSA HENDRI SETIAWAN
(Motivator GILA pertama di Indonesia, Writter, Speaker, dan Founder of SIMPLE TRAINING)
MOBILE: 08175064751
BBBM PIN: 234FA105
FACEBOOK: Musa Hendri Setiawan
TWITTER: timotiushendri
OFFICE: Jl. Taman Camelia III no 21, Tropodo, Sidoarjo, JAWA TIMUR

Tidak ada komentar:

Posting Komentar