Rabu, 30 Maret 2011

SPARKLING for the BETTER LIFE

Saya sangat percaya bahwa tahun-tahun yang akan kita masuki ini merupakan tahun dimana anak Tuhan akan berkilau sekuat-kuatnya bagi Kristus, saya mendengar ada beberapa gereja yang mencanangkan bahwa tahun ini merupakan tahun emas, tahun berbuah, tahun kelimpahan, tahun puncak kejayaan dan sebagainya, kalau boleh dirangkai dalam satu kata, maka tahun ini ada tahun Sparkling (berkilau). Berikut kita akan melihat, point apa saja yang harus kita kerjakan untuk memasuki tahun-tahun mendatang:
STUARDSHIP (PENGELOLAAN DARI YANG TUHAN PERCAYAKAN)
Dalam dunia ini, jika kita ingin menguasai satu hal, maka kita harus pelajari sampai kita bisa melakukannya. Hal pertama yang harus kita kerjakan agar kita menjadi Sparkling generation ialah Stuardship/ Pengelolaan. Alkitab banyak mengajar tentang pengelolaan dari apa yang telah dipercayakanNya kepada kita, sebut saja perumpamaan tentang Talenta. Ada orang yang dipercayakan untuk mengelola 1 talenta, 2 talenta, dan 5 talenta, masing-masing punya konsep dan paradigma untuk mengelolanya. Dalam hidup ini, satu hal penting yang harus kita miliki ialah kesadaran bahwa segala harta, waktu, tenaga dan pikirran yang kita miliki adalah milik Tuhan yang harus kita kelola dengan baik. Ketika kita menyadari hal tersebut, maka dengan sangat mudah kita akan memberikan apa saja yang Tuhan minta.
PERSONAL DEVELOPMENT (PENGEMBANGAN DIRI)
Tuhan mempercayakan satu hal yang ada didalam kita yang setiap kita memilikinya yaitu potensi diri. Banyak orang menjadi gagal dengan potensi yang besar yang dimilikinya hanya karena dia salah menempatkan dirinya, namun ada pula orang yang akhirnya tidak menjadi apa-apa karena dia merasa tidak memiliki potensi apapun karena dia tidak pernah mencoba untuk menggali dan menemukannya. Potensi yang sudah Tuhan percayakan dalam diri kita, haruslah kita kembangkan dengan maksimal, sebab potensi yang ada dalam diri kita sama seperti benih. Ketika kita menemukannya, kita akan menanamnya (bukan menyimpannya) dan kita akan diram setiap hari, sampai akhirnya tumbuh tunas, lalu kita akan memupuknya sampai akhirnya dia berbuah pada waktunya. Proses menanam, menyiram dan memupuk tersebut merupakan proses pengembangan diri kita, dimana banyak hal yang bisa kita lakukan seperti menambah informasi, mengikuti pelatihan dan sebagainya.
ABUNDANT LIFE (HIDUP PENUH KELIMPAHAN)
Kehidupan yang berlimpah-limpah merupakan janji Tuhan atas kehidupan kita, firman Tuhan juga mengajar prinsip apa yang keluar merupakan wujud dari apa yang ada didalam, jika kita banyak makan firman, maka apa yang keluar dari pikiran, perkataan dan tindakan kita akan sama seperti yang ada didalam yaitu firman. Kelimpahan yang Tuhan janjikan dalam kehidupan kita bukan hanya secara materi namun juga rohani dan kejiwaan kita, Tuhan memberikan kelimpahan secara total dan maksimal dalam kehidupan kita, itu semua hanya diperoleh jika kita memiliki keintiman dengan Tuhan.
RELATIONSHIP (HUBUNGAN/ AKSES)
Hal yang paling luar biasa yang bisa kita pelajari dalam kehidupan ini ialah akses. Akses adalah satu area yang Tuhan sediakan untuk kita bisa ter connect dengan orang lain, akses juga bisa berarti hubungan/ relationship. Yesus merupakan akses bagi kita untuk bertemu dengan Bapa, Dia menjadi jalan bagi kita kepada Surga dan menghadirkan Surga di muka bumi. Dalam kehidupan kita sehari-hari pun, hubungan memegang peranan penting. Hubungan akan membuat kita menemukan informasi yang baru, dan bahkan berkat rohani pun dapat terimpartasi melalui hubungan atau kedekatan. Miliki hubungan yang baik dengan Tuhan, diri sendiri dan sesama kita.
KEEP ON FIRE (MENJAGA API)
Passion merupakan energy atau bahan bakar untuk mencapai segala impian, untuk mengalahkan seseorang, cukup dengan mematikan passion dalam dirinya, maka dipastikan kekalahan akan mutlak menjadi miliknya. Saya belajar hari-hari ini untuk terus memiliki passion dalam segala hal yang saya kerjakan. Termasuk didalamnya pekerjaan, pelayanan, hubungan dengan relasi, dan masih banyak aspek. Passion bekerja seperti api yang membara dalam kehidupan kita, itulah sebabnya dalam keadaan apapun tetaplah untuk menjaga passion itu, keep on fire.
LOVE (KASIH/ CINTA)
Alkitab dengan jelas berkata, ada tiga hal yang terutama yaitu iman, pengharapan dan kasih. Iman merupakan satu kekuatan untuk berani melangkah, pengharapan merupakan satu kekuatan untuk menjaga kita tetap konsisten menantikan janji Tuhan, sedangkan kasih merupakan kekuatan untuk kita tetap hidup dalam janji Tuhan itu. Kasih yang terbesar haruslah kita miliki dalam kehidupan kita yang meliputi tiga asepk, yaitu mengasihi Tuhan dengan segenap hidup kita, mengasihi sesama sama seperti diri kita sendiri, dan barulah kita mengasihi diri kita sendiri. Segala sesuatu yang kita kerjakan dengan cinta, sekecil apapun itu, akan sangat berdampak besar dalam kehidupan kita. Cinta boleh dikatakan sebagai kaca pembesar terhadap apa yang dikerjakan oleh orang yang kita kasihi, sekecil apapun akan tampak besar dan berarti karena kita mengerjakannya dengan cinta.
INNER POWER (KEKUATAN DARI DALAM)
Banyak orang mencari kekuatan dari luar untuk membuatnya bertahan dalam perjuangan hidup, termasuk menggunakan kuasa kegelapan yang ada diluar diri manusia itu sendiri. Namun kita sebagai anak Tuhan, memiliki kuasa yang ada didalam diri kita, sebab Paulus berkata bahwa kita ini merupakan bait Allah dan Roh Allah yang tanpa batas itu tinggal didalam kita. Jangan pernah lupakan ada satu pribadi yang maha dahsyat yang tinggal didalam kita yaitu Roh Kudus sendiri.
NEVER GIVE UP (TIDAK PERNAH MENYERAH)
Gagal itu biasa, namun selalu bangkit dan mencoba kembali setelah gagal itu lah yang luar biasa. Entah kita kenal Tuhan atau tidak, dalam kehidupan kita kita pasti pernah mengalami kegagalan, bedanya kita sebagai anak Tuhan ialah, kita bisa bangkit kembali. Sama seperti firman Tuhan pernah berkata,” tujuh kali orang benar jatuh, maka dia akan bangkit kembali”, demikian pula seharusnya kita. 
GREAT ACT (LANGKAH BESAR)
Miliki langkah raksasa dalam kehidupan kita, saat orang berjalan satu langkah, kita telah berjalan 10 langkah lebih maju. Ketika kita mundur satu langkah, kita bisa maju 11 langkah. Kita sebagai umat tebusan Tuhan memiliki nilai lebih dibandingkan dengan dunia, kita memiliki kapasitas untuk melipatgandakan potensi yang ada dalam diri kita sesuai dengan tujuan dan panggilan ilahi dalam kehidupan kita. Namun semuanya itu hanya bisa dimulai dengan langkah pertama, kita harus punya iman untuk melangkah menjalani tahun-tahun kedepan bersama Tuhan, dan kita akan melihat bahwa kita akan terus berkilau dan bersinar dihadapan dunia.

Oleh:
MUSA HENDRI SETIAWAN
(Motivator GILA pertama di Indonesia, Writter, Speaker, dan Founder of SIMPLE TRAINING)
MOBILE: 08175064751
BBBM PIN: 234FA105
FACEBOOK: Musa Hendri Setiawan
TWITTER: timotiushendri
OFFICE: Jl. Taman Camelia III no 21, Tropodo, Sidoarjo, JAWA TIMUR

Tidak ada komentar:

Posting Komentar